zakat“Bentengi Hartamu dengan Zakat, Obat Orang Sakit dari Kalanganmu dengan Sedekah dan Persiapkan Do’a untuk Menghadapi Datangnya Bencana”. (HR. Tabrani).

Orang yang takdirnya Su’ul Khothimah pun jika dia bersedekah ikhlas karena Allah, bisa menolak cara mati yang buruk dan dapat Husnul Khotimah dgn cara mati yang baik.

“Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan murka Allah dan dapat menolak cara mati yang buruk. ” (H.R. Tirmidzi, lbnu Hibban, lbnu ‘Adi, dan Baihaqi)

“Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan murka Allah dan dapat menolak cara mati yang buruk. ” (H.R. Tirmidzi, lbnu Hibban, lbnu ‘Adi, dan Baihaqi).

Di antara Doa yang bisa menolak takdir adalah, menurut Nabi saat subuh kita berdoa Bismillahi ‘ala nafsii wa maalii wa ahlii, yang artinya dgn nama Allah aku minta perlindungan bagi diriku, hartaku, dan keluargaku, maka dirinya, hartanya seperti rumah dan motor, keluarganya seperti orang tua, istri, dan anak, insya Allah akan selamat. Doa pendek ini hendaknya dipraktekkan setiap Subuh agar jadi ilmu yang bermanfaat.

Kemudian ada lagi Abu Darda yang kalau di zaman sekarang boleh dikata Wali di antara para sahabat, selalu rutin membaca Doa A’uudzu bi kaalimatillaahi taammat kulliha min syarri maa kholaq niscaya tidak akan ditimpa bencana [Shahih Muslim]. Ada riwayat bahwa Abu Darda sedang di masjid dan di kampungnya terjadi kebakaran. Orang2 bilang ke Abu Darda bahwa rumahnya kebakaran. Tapi Abu Darda tenang dan berkata, “Ah tidak mungkin.” Saat para sahabat dan Abu Darda pergi ke rumahnya, benar kampung itu terbakar. Rumah2 di kanan kiri rumah Abu Darda habis terbakar, namun rumah Abu Darda Aman tidak terbakar.

Di Kitab Al Azkar susunan Imam Nawawi yang dimasukkan dalam Rotib Al Haddad, saya membaca bahwa dgn membaca doa A’uudzu bi kaalimatillaahi taammat min syarri maa kholaq yang artinya aku berlindung dgn kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluknya sebanyak 3x, jika dibaca sore hari, maka dia aman hingga subuh hari dari segala kejahatan makhluknya. Entah dari gigitan ular atau kalajengking, perampok, kebakaran, atau berbagai bencana lainnya. Jika dibaca di Subuh hari sebanyak 3x, maka dia aman hingga sore hari.

Nah doa ini hendaknya kita rutinkan di setiap Subuh dan Sore hari. Mudah2an ilmu yang bermanfaat ini, meski kecil, tapi bisa kita amalkan. Sehebat apa pun ilmu, jika tidak diamalkan tidak akan bermanfaat.

Filed under: Samudera Ilmu

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!