Nur Nabi Muhammad wasilah diciptakannya alam semesta

DARI SEBUAH DIALOG DG SAHABAT PADA GROUP AHBABURROSUL

Dimas Djolang Agoz Silalah: asskum…, “laulaka laulaka lima kholaqtul aflak”, mau nanya… pa status hadist trsbut?, coz q pernh denger klo tu hadist palsu, mohon kejelasanya. _syukron_.

*Metty Muthia: Alaikumsalam. Kalo wahabi emang gak cinta sama Rosululloh,jadi kalo ada hadits senada itu maka langsung alergi. Dan bahkan sudah berani meniadakan ahlul bait Rosul saat ini.

*Dimas Djolang Agoz Silalahi: sejaak awal aq mendengar, aq juga ingkar. tpi koq dia sampai brani mengatakan klo hadist ini palsu, pa mungkin hadist ni dlo’if…

*Alfaqir ila Rohmati Robil Jalil menjawab:

قال الامام أحمد ابن حنبل:من رد حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو على شفا هلكة

Imam Ahmad bin Hanbal berkata: Siapa yg menolak hadits Rosululloh Saw,maka ia berada ditepi kebinasaan.

Andaipun ada salah satu Ulama yg mendlo’ifkan,belum tent…u Ulama dg yg lain,karena mungkin mendapatkan hadits tsb dari sanad yg berbeda. Dan terlebih lagi,bedakanlah antara dlo’if dg maudlu(palsu). Imam Nawawi berkata dlm Al-Adzkar bahwa hadits dlo’if bisa digunakan dlm hal fadloilul a’amal,bukan untuk ushuluddin. Juga kita harus faham bahwa hadits dlo’if akan dikuatkan oleh hadits serupa yg hasan atau shohih. Bahkan andai yg dlo’if namun serupa itu banyak,bisa naik derajatnya menjadi hasan lighoirihi.

Senada dg Imam Nawawi, Imam Hanbal juga berkata:

ضعيف الحديث احب اليّ من رأي الرجال

Artinya: Hadits yg lemah lebih aku sukai daripada pendapat orang.

Begitu pula para Ulama yg lainnya,diantaranya Imam Ghozali pun menyatakan sama.

Dalam memperkuat dalil diatas ada baiknya diperhatikan dan ditafakkuri hadits2 shohih berikut ini yg menjelaskan Nabi Adam bertawassul dg washilah Nabi Muhammad sebelum lahir,yg dlm redaksinya terdapat penjelasan bahwa Nur Nabi Muhammad telah diciptakan terlebih dahulu oleh Alloh sebelum diciptakannya makhluq yg lain.

Sebagaimana nabi Adam AS pernah melakukan tawassul kepada nabi Muhammad SAW. Imam Hakim Annisabur meriwayatkan dari Umar berkata, bahwa Nabi bersabda :

“Rasulullah SAW bersabda:”Ketika Adam melakukan kesalahan, lalu ia berkata Ya Tuhanku, sesungguhnya aku memintaMu melalui Muhammad agar Kau ampuni diriku”. Lalu Allah berfirman: ”Wahai Adam, darimana engkau tahu Muhammad padahal belum aku jadikan?” Adam menjawab: ”Ya Tuhanku ketika Engkau ciptakan diriku dengan tanganMu dan Engkau hembuskan ke dalamku sebagian dari ruhMu, maka aku angkat kepalaku dan aku melihat di atas tiang-tiang Arash tertulis “Laailaaha illallaah muhamadun rasulullah” maka aku mengerti bahwa Engkau tidak akan mencantumkan sesuatu kepada namaMu kecuali nama mahluk yang paling Engkau cintai”. Allah menjawab: ”Benar Adam, sesungguhnya ia adalah mahluk yang paling Aku cintai, bredoalah dengan melaluinya maka Aku telah mengampunimu, dan andaikan tidak ada Muhammad maka tidaklah Aku menciptakanmu”

Keterangan:Imam Hakim berkata bahwa hadis ini adalah shohih dari segi sanadnya dlm Al-Mustadrok juz 2 hal 615. Demikian juga Imam Baihaqi dalam kitabnya Dalail Annubuwwah, Imam Qostholany dalam kitabnya Almawahib 2/392 , Imam Zarqoni dalam kitabnya Syarkhu Almawahib Laduniyyah 1/62, Imam Subuki dalam kitabnya Shifa’ Assaqom dan Imam Suyuti dalam kitabnya Khosois Annubuwah, mereka semua mengatakan bahwa hadis ini adalah shohih.

Dan dalam riwayat lain, Imam Hakim meriwayatkan dari Ibnu Abbas. Beliau mengatakan bahwa hadits ini adalah shohih dari segi sanad, demikian juga Syekh Islam Albulqini dalam fatawanya mengatakan bahwa ini adalah shohih, dan Syekh Ibnu Jauzi memaparkan dalam permulaan kitabnya Alwafa’ , dan dinukil oleh Ibnu Kastir dalam kitabnya Bidayah Wannihayah 1/180.

Bahkan Ibnu Taimiyyah yg merupakan rujukan orang-orang wahabi pun mengutipnya dlm kitab Fatawa juz 2 hal 150 dan ia menggunakannya sbg tafsir/penjelasan bagi hadits2 yg shohih lainnya.

Imam Addailamy dlm musnadnya meriwayatkan sebuah hadits dr Ibnu Abbas ra,yg menuturkan bahwa Nabi pernah memberi tahu kepada para Sahabat:

اتانى جبريل وقال:يا محمد ان الله يقول:لولاك ما خلقت الجنة,ولولاك ما خلقت النار

Arti: Malaikat Jibril datang kepadaku,kemudian berkata:Yaa Muhammad,sungguh Alloh telah berfirman:Kalau bukan karena engkau maka aku tidak akan menciptakan surga,dan kalau bukan karenamu maka aku takan membuat neraka.

Imam As-Subky juga mengemukakan hadits tsb dlm kitab Syifa-us saqom hal 163.Ibnu Taimiyyah pun mengemukakannya dlm kitab Fatawa alkubro juz 2 hal 151.

AbdurRozzaq meriwayatkan sebuah hadits dari Jabir bin Abdillah ra. yg menuturkan kesaksiannya sendiri. Aku pernah bertanya kepada Rosululloh:

يا رسول الله بأبى انت وامى اخبرنى عن اول شيء خلقه الله تعالى قبل الأشياء,قال:يا جابر ان الله تعالى خلق قبل الأشياء نور نبيك من نوره

Ya Rosulalloh,demi engkau dan demi ayahku demi engkau dan demi ibuku,beritahukan kepadaku tentang awal segala sesuatu yg diciptakan Alloh sebelum segala sesuatu lainnya! Rosul menjawab: Hai Jabir,sungguh bahwasannya sebelum Alloh menciptakan segala sesuatu, Dia telah menciptakan cahaya Nabimu dari nur-Nya…dan seterusnya.

Sebetulnya banyak yg ingin saya tulis,namun cukuplah kiranya penjelasan yg singkat ini mewakili dalil-dalil yg lainnya.

Hadaanalloohu waiyyaakum. Semoga bermanfa’at,dan bila ada yg mau menambahkan sangatlah kami harapkan tambahan ilmunya.

Tentang HABIB ALWI

KHOLIFAH AL MAJLIS
Tulisan ini dipublikasikan di Tulisan Habib. Tandai permalink.