AHBABURROSUL-1

Cara Khusyuk Sholat

Sabtu, Mei 21st 2016. | Taklim Ahbaburrosul

b6a36e32-04ab-457c-8d7f-a8d702168e6e

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ، ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ، ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ، ﻭَﺍﻟْﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ
ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ .
Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo,
Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil
Adzim.
Artinya: “ Ya Allah berikanlah shalawat kepada penghulu kami Nabi Muhammad yang membuka apa yang tertutup dan yang menutupi apa-apa yang terdahulu, penolong kebenaran
dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung ”.

Shalat adalah tangga ruh dan kalbu orang-orang yang rindu kepada mihrab Allah SWT.
Kita sholat adalah pengamalan dari apa yang telah di amanahkan Allah SWT kepada RasulNYA.
dan siapa saja yang ingin bertemu dengan Allag s.w.t. , maka lakukanlah sholat.

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (Al-Baqarah : 45).
Jika kita punya masalah, kesulitan kesulitan maka dekati Allah SWT dengan sholat,
Banyak orang sedih kehilangan materi,kehilangan motor, maka jangan sedih, Allah SWT pasti akan menggantinya.
maka yang harus dijaga yang agar tidak hilang adalah IMAN..karena serugi ruginy aorang adalah jika iman yang hilang.

Memang berat sholat itu,kecuali bagi orang yang sholatnya khusyuk.
Maka syarat khusyu yang disebutkan oleh imam nawawi (penulis lupa nama kitabnya , kemungkinan ianah tholibin) adalah Orang yang  meyakini  bahwa akan datang kematian itu kepada sewaktu waktu kepadanya (selalu merasa bahwa ajal akan datang kepadanya sesudah sholat)
Rasulullah s.a.w. pernah bersabda:”Ingatlah mati saat kamu sholat, sesungguhnya seseorang yang ingat mati saat sholat maka ia akan memperbaiki sholatnya, dan sholatlah seperti sholatnya orang yang mengira itu sholatnya yang terakhir” (Dailami: sahih). Rasul juga pernah berpesan kepada Abu Ayub r.a. “Sholatlah seperti sholatnya orang yang pamitan” (HR Ahmad).
–> Sholat yang Lupa kematian,maka akan sulit khusyu

Lakukanlah dzikir, berdzikirilah setiap nafas masuk dan keluar, saat menarik nafas ucapkan :”Hu…” sat keluar nafas ucapkan “Allah”..
Bahkan orang yang senantiasa berdzikir, ketika malaikat maut mau menjemput ruhnya, malaikat akan bertanya dahulu,kapan siapnya…
Mmenga benar ada dalam Quran tentang  Allah SWT tidak menangguhkan kematian seperti diterangkan :
“Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.”
QS. Al-Munafiqun (63), Ayat 11
nmun demikian ini adalah makna umum.karena dalam hadist rasulullah S.A.W. ”Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.”
apakah Rasul melawan Quran? tentu tidak..hadist ini menerangkan kekhususan…

analaoginya begini,
dalam pengajian ini,panitia sudah menyiapkan makanan untuk tamu undangan..maka yang dibeli makanan itu adalah untuk tamu (ini umumnya),
maka panitia ketika ditanya:” ini semua makanan untu siapa ?
maka panitia menjawab semua makanan untuk tam,
namun pada saat acara berlangsung, makanan itu ternyata dibagi…satu bagian spesial untuk pak kyai , dan bagian lain untuk jamaah ngaji …, maka disini ada dua hal…umumnya bahwa makanan adalah untuk tamu (pak kyai dan jamaah),makna khususnya, bahwa pendistribusian makanan itu di beri terpisah antara untuk pak kyai dan jamaah…begitu kira kira analoginya.

Bahkan orang yang senantiasa berdzikir, ketika malaikat maut mau menjemput ruhnya, malaikat akan bertanya dahulu,kapan siapnya…(bisa ditangguhkan)
Memang benar ada dalam Quran tentang  Allah SWT tidak menangguhkan kematian seperti diterangkan :
“Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.”
QS. Al-Munafiqun (63), Ayat 11
namun demikian ini adalah makna umum.karena dalam hadist rasulullah S.A.W. ”Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.”
apakah Rasul melawan Quran? tentu tidak..hadist ini menerangkan kekhususan mengenai orang yang bersedekah bisa menangguhkan kematian

20160315214810

Related For Cara Khusyuk Sholat


Copyright © 2013 MAJELIS AHBABURROSUL