AHBABURROSUL-1

Jangan sampai tersesat

Selasa, Desember 1st 2015. | Taklim Ahbaburrosul

20151130172208Kutipan nasihat Habib Seif Alwi Ba’alawy di Masjid Alhidayah Cikarang 28 November 2015.

Tadi  rombongan  hadrah  dari  karawang sempat  kesasar  karena  peta yang  diberikan  salah. Ketika seseorang mendapat peta yang salah, bagaimana kesel rasanya  nyasar oleh sebab peta tersebut. Lalu bagaimana kita  melihat  hadist palsu yang menyesatkan ummat…kita yang tahu hal  itu  saja kesal..yang nyasar apalagi.

Shahih Muslim, Kitab al- Ilm, Bab Man Sanna Sunnatan Hasanatan au Sayyiatan, 4/2060, no. 2674. dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

ﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﻫُﺪًﻯ، ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍْﻷَﺟْﺮِ ﻣِﺜْﻞُ ﺃُﺟُﻮْﺭِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ، ﻻَ
ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺃُﺟُﻮْﺭِﻫِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ . ﻭَﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ، ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
ﻣِﻦَ ﺍْﻹِﺛْﻢِ ﻣِﺜْﻞُ ﺁﺛَﺎﻡِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ، ﻻَ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺁﺛَﺎﻣِﻬِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ

“Barangsiapa yang mengajak kepada suatu petunjuk, maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala-pahala mereka. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka dia memperoleh dosa semisal dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikit pun dari dosa-dosa mereka.”

Ajaklah kebaikan kepada sesama, jangan hanya memiliki referensi hukum hanya satu, sebaiknya perkaya pengetahuan kita dengan mengetahui banyak referensi,  agar  kita tidak mudah menyalahkan orang lain dan tidak mudah tersesat. Ketauilah…orang yang  paling takut kepada Alloh SWT  diantara  hambaNYA adalah ulama.

Firman Allah ta’ala yang artinya “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS Al Faathir [35]:28)

Orang yang takut kepada Allah adalah seorang yang alim (berilmu). Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki rasa takut kepada Allah adalah orang yang jahil. Rasa takut manusia kepada Allah bertingkat- tingkat sesuai dengan kadar keilmuan dan keyakinan seseorang kepada Rabbnya. Mujahid berkata, “Sesungguhnya, orang yang alim adalah yang takut kepada Allah.” Beliau juga berkata, “Orang yang fakih adalah orang yang takut kepada Allah.”Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud z bahwa beliau berkata, “Cukuplah rasa takut seseorang kepada Allah  sebagai ilmu, dan cukuplah kelalaian seseorang kepada-Nya sebagai kejahilan.”

Maka jangan jauh dari ulama. Kita harus tahu, faham segala sesuatunya (tentang ilmu) dari ahlinya (ulama). Dan yang penting kita harus tahu sampai sumbernya.

Kita banyak melihat buku buku karya ulama su’ wahabi,  contohnya  buku hikmah kalimat syahadat”,  dimana isinya mengatakan bahwa  halal darah dan harta dari seseorang pelaku musyrik. Dimana pelaku syirik itu diantaranya: membaca sholawat nariyah, membaca mawlid nabi (kisah hidup nabi).  Ini menyesatkan!!!

Bahwa pembantu nabi muhammad s.a.w. yang bernama safinah dia selamat dari serangan singa  hanya karena menyebut nama nabi….Ada satu sahabat Rasulullah, safinah maula Rasulullah SAW yang berkhidmah kepada Rasulullah, ditugaskan oleh Rasulullah untuk menyampaikan sebuah surat pada sayyidina Muadz di yaman. Itu safinah maula Rasulullah, dia pun naik perahu kemudian perahunya karam diterpa badai hingga perahunya hancur dan beliau pun juga terdampar di sebuah pulau sendirian. terdampar di sebuah pulau. Maka di pulau tersebut dia tidak tahu kemana dia harus pergi, kemana dia harus mencari perumahan penduduk, dimana dia harus mencari keselamatan hingga dia berjumpa dengan seekor singa yang besar yang nampak kelaparan.Maka safinah sahabat Rasulullah SAW itu memberi salam kepada singa tersebut dan berkata “wahai singa aku adalah safinah pembantunya Rasulullah SAW, Aku terdampar disini dalam rangka menjalankan tugasnya Rasulullah ,naik perahu perahuku pecah karam dan aku terdampar di pulau ini. Kalau engkau betul beriman kepada Rasulullah, tolong tunjukkan aku tempat dimana aku bisa mendapatkan pertolongan , bisa menumpang untuk menuntaskan tugas yang aku pikul ini.” Maka singa tersebut yang tadinya nampak garang, tiba-tiba mengangguk anggukkan kepalanya dan juga menggeserkan tubuhnya ke tubuh safinah tersebut seolah-olah mengisyaratkan agar Safinah sahabat Rasulullah ngikut kepada singa tersebut. Maka Safinah pun mengikuti singa tersebut. Diikutin hingga sampai ke suatu tempat dimana biasanya berlalu rombongan perjalanan di situ, hingga akhirnya dia ketemu dengan rombongan dia bisa ngikut numpang bersama mereka. Naik kendaraan mereka numpang bersama mereka dan singa tersebut setelah memberikan pertolongan kepada sahabat rasulullah seolah-olah mengucapkan ucapan selamat tinggal, selamat jalan, perpisahan. Lihat,..bahkan singa pun segan, takut dan berkhidmah kepada setiap orang yang punya hubungan dengan nabi besar Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa alihi washahbihi wasallam.

Diarab ada museum peninggalan syech ustmain..gedungnya mewah..peninggalannya dijaga dengan baik.  Ketika ditanya kepada penjaga, penjaga itu bercerita dengan semangat ini adalah peninggalan mulia syech ustmain yang berjasa kepada kerajaan arab. namun ketika ditanya MANA PENINGGALAN NABI MUHAMMAD SAW ??? Mereka diam dan bilang tidak ada!
(Bersambung).

20160315214810

Related For Jangan sampai tersesat


Copyright © 2013 MAJELIS AHBABURROSUL